Kamis, 02 Februari 2012

Makalah tentang Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Dampak Positif dan Negatif Globalisasi”

Makalah ini berisikan tentang informasi Pengertian GLOBALISASI atau yang lebih khususnya membahas penerapan Dampak Positif dan Negatif Globalisasi. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang globalisasi. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.




Gunung Putri, Februari 2012




Achmad Firdaus Adinegoro
Hilmy Amrullah HP




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
    Akhir-akhir ini kata Globalisasi mulai marak di segala lapisan masyarakat. Hal ini disebabkan karena globalisasi dapat mengubah banyak aspek di suatu negara, yakni dari bidang hukum, pertahanan, keamanan, sosial budaya, ekonomi sektor perdagangan, maupun ekonomi sektor produksi. Dampak yang diberikan pun ada yang baik dan ada yang buruk. Karena itulah kami membuat makalah ini untuk membahas dampak dari Globalisasi di bidang-bidang tersebut.

1.2 Tujuan
    Makalah ini disusun agar para pembaca mengetahui apa saja dampak positif dan negatif dari globalisasi dalam bidang hukum, pertahanan, keamanan, sosial budaya, ekonomi sektor perdagangan, dan ekonomi sektor produksi. Pembaca juga diharapkan dapat menyikapi globalisasi yang benar dengan membaca buku ini.

1.3 Rumusan Masalah
1.    Apa yang dimaksud dengan globalisasi ?
2.    Apa saja dampak dari globalisasi ?




BAB II
PEMBAHASAN MATERI

2.1 Apa itu globalisasi ?
Globalisasi atau penyejagatan adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.

2.2 Apa saja dampak dari globalisasi ?
1. Globalisasi bidang hukum, pertahanan, dan keamanan
Dampak positif globalisasi bidang hukum, pertahanan, dan keamanan :
•    Semakin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia.
•    Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.
•    Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.
•    Menguatnya supremasi sipil dengan mendudukkan tentara dan polisi sebatas penjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara yang profesional.
Dampak negatif globalisasi bidang hukum, pertahanan, dan keamanan :
•    Peran masyarakat dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara semakin berkurang karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab pihak tentara dan polisi.
•    Perubahan dunia yang cepat, mampu mempengaruhi pola pikir masyarakat secara global. Masyarakat sering kali mengajukan tuntutan kepada pemerintah dan jika tidak dipenuhi, masyarakat cenderung bertindak anarkis sehingga dapat mengganggu stabilitas nasional, ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa.


2. Globalisasi bidang sosial budaya
Dampak positif globalisasi bidang sosial budaya :
•    Meningkatkan pemelajaran mengenai tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju.
•    Meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagtainya.
Dampak negatif globalisasi bidang sosial budaya :
•    Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui internet, media televisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat.
•    Semaikin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkan gaya hidup berikut ini.
Individualisme : mengutamakan kepentingan diri sendiri
Pragmatisme : melakukan suatu kegiatan yang menguntungkan saja
Hedonisme : Paham yang mengutamakan kepentingan keduniawian semata
Primitif : sesuatu yang sebelumnya dianggap tabu, kemudian dianggap sebagai sesuatu yang biasa/ wajar
Konsumerisme : pola konsumsi yang sudah melebihi batas
•    Semakin lunturnya semangat gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu/ darurat, misalnya sakit,kecelakaan, atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang
3. Globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan
Dampak positif globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan :
•    Liberalisasi perdagangan barang, jasa layanan, dan komodit lain memberi peluang kepada Indonesia untuk ikut bersaing mereput pasar perdagangan luar negeri, terutama hasil pertanian, hasil laut, tekstil, dan bahan tambang.
•    Di bidang jasa kita mempunyai peluang menarik wisatawan mancanegara untuk menikmati keindahan alam dan budaya tradisional yang beraneka ragam.
Dampak negatif globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan :
•    Arus masuk perdagangan luar negeri menyebakan defisit perdagangan nasional.
•    Maraknya penyelundupan barang ke Indonesia.
•    Masuknya wisatawan ke Indonesia melunturkan nilai luhur bangsa.


4. Globalisasi bidang ekonomi sektor produksi
Dampak positif globalisasi bidang ekonomi sektor produksi :
•    Adanya kecenderungan perusahaan asing memindahkan operasi produksi perusahaannya ke negara-negara berkembang dengan pertimbangan keuntungan geografis (melimpahnya bahan baku, areal yang luas, dan tenaga kerja yang masih murah) meskipun masih sangat terbatas dan rentan terhadap perubahan-perubahan kondisi sosial-politik dalam negeri ataupun perubahan-perubahan global, Indonesia memiliki peluang untuk dipilih menjadi tempat baru bagi perusahaan tersebut.
Dampak negatif globalisasi bidang ekonomi sektor produksi :
•    Perusahaan dalam negeri lebih tertarik bermitra dengan perusahaan dari luar. Akibatnya kondisi industridalam negeri sulit berkembang.
•    Terjadi kerusakan lingkungan dan polusi limbah industri.
•    Suatu perusahaan asing memindahkan usahanya keluar negeri mengakibatkan PHK tenaga kerja dalam negeri.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
    Globalisasi yang sedang berlangsung mempengaruhi sektor-sektor penting dalam kehidupan baik secara hukum, sosial budaya, atau ekonomi. Karena itu diperlukan sikap yang tepat untuk dapat menerima globalisasi yang sedang berlangsung di seluruh dunia ini.




BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

•    http://24bit.wordpress.com/2010/03/28/dampak-positif-dan-negatif-globalisasi-bagi-indonesia/

•    http://kelimasos3-globalisasi.blogspot.com/2009/03/cara-cara-menghadapi-era-globalisasi.html

•    http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi

Reaksi:

1 komentar:

kita juga punya nih jurnal mengenai dampak sosial ekonomi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2911/1/74-Pengungkapan%20Corporate%20Sosial%20Responsibility%20(CSR).pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Poskan Komentar