Selasa, 24 Januari 2012

This Tuesday at TIK Lesson

Hari ini, sekolah saya kembali mengadakan pelajaran tentang RJ-45, dan pertemuan kali ini para siswa akan melakukan praktik pemasangan RJ-45 dan dinilai dengan syarat :

  • Diberikan waktu sekitar 3 menit (Untuk nilai sempurna)
  • "Alumunium" dari kabel yang dimasukkan ke RJ-45 harus keluar semua (Terlihat semua kekuningannya)
  • Dibagi 3 kelompok, berdasarkan absen
    • Kelompok satu, aturannya 1 kabel (Sepanjang kira-kira 10 cm) untuk berdua
    • Karena melihat kelompok satu ke"susahan" karena 1 kabel berdua, maka diubahlah peraturan jadi 1 kabel/orang untuk kelompok selanjutnya (Well, kelompok 1 tidak ada pengulangan lagi.. ._. )
  • Urutan kabel harus benar (Tidak boleh terbalik)
Itu saja.. well, mungkin kelihatannya mudah.. so, let's give it a try
Berhubung saya nomor absen pertama, jadi saya menjadi kelompok satu
RJ-45 sudah siap, Crimping tool sudah siap, Kabel sudah siap (Dipegang berdua... ) dan....

MULAI !!

1 Menit.
2 Menit..
3 Menit...
5 Menit....
10 Menit.....

waktu sudah lewat tapi saya BELUM SELESAI !!!!!

Kelompok satu sudah kebanyakan selesai dan disusul oleh kelompok kedua..... saya masih meluruskan kabel-kabel... belum dimasukkan apalagi dipress ke RJ-45nya

Kemudian..
"Sudah semua kan yang kelompok satu... ?" Tanya Guru TIK
Masih sibuk, tapi saya usahakan untuk menjawab
"Saya belum paak..." Seru saya masih rada terburu-buru
"OK, Kelompok 2 dimulai" Seru guru TIK setelah itu
Dikacangin
Hening

Well, saya waktu itu masih tidak memikirkan soal dikacangin atau enggak, saya masih sibuk meluruskan kabel yang dari tadi urutannya sering melengsong terus
OK Sudah lurus....
Potong dengan Crimping tool
Mau dimasukin ke RJ-45...
Kabelnya kependekan
Kuliti lagi kabelnya
Susunannya berantakan lagi


Beberapa saat...

"UDAH PAAAK!!!!!!" Seruan teman ku yang tadi masuk kelompok 2
Harusnya kata itu jadi milik saya..
Apadaya kabelnya berantakan lagi..

Beberapa saat kemudian lagi...
Udah lurus
Potong... Masukin ke RJ-45
Susah banget masukinnya
Akhirnya cuman masuk satu
Akhirnya, kondisi kepepet dan waktu yang juga kepepet... press aja deh

Masukkin... dan akhirnya...
Selesai...

Segera saja dikumpulkan ke Guru
Tapi...

"Kabelnya kebalik" kata Guru


========================================================================

Sekian sekilas info tentang pelajaran TIK hari ini
Setelah menelaah memang saya saat itu melakukan banyak kesalahan, yaitu :

Yang sangat berpengaruh :
NERVOUS

Hal ini memang mencelakakan, mungkin memang tekanan "mau selesai" yang ditambah lagi dengan selesainya hampir semua kelompok 1 (Kecuali saya)
Saya berusaha untuk memperbaiki hal ini di kemudian hari

Yang tidak begitu berpengaruh, tapi berefek
THIS IS MY FIRST TIME

Yup, waktu penilaian ini, saya baru pertama kali ini memasang RJ-45 dan teman-teman saya mungkin sudah berlatih berkali-kali

Karena faktor ini  saya masih belum bisa melatih bagaimana cara meluruskan kabel, ini itu, dll.
Well, walaupun ada juga teman saya yang saat itu juga baru pertama kali memasangkan, dan memang sih, dia bisa menyelesaikannya tanpa masalah

Yang tidak begitu berpengaruh
Power

Yang ini kurang begitu berpengaruh, karena dipengaruhi oleh Nervous dan Baru pertama kali mencoba tenaga yang dikeluarkan juga akhirnya terbuang sia-sia

KESIMPULAN

Kesimpulannya gampang saja, untuk bisa memasang RJ-45 yang baik memang diperlukan konstentrasi, tenaga, dan kesabaran
Itu saja wkwkwk

Minggu depan akan diadakan ujian praktek TIK yang materinya juga sama seperti ini, jadi mudah-mudahan saya bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. Doakan saya ya


Akhir kata terima kasih dan sampai jumpa lagi !

0 komentar:

Posting Komentar